Pages

Jumat, 09 Agustus 2013

Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri



Gambar disini
Bismillahirrahmanirrahim ..

“ Minal 'aaidiin wal faaiizin , mohon maaf lahir dan bathin “

Kalimat diatas sudah menjadi suatu kebiasaan khalayak umum dalam memberikan ucapan pada hari raya idul Fitri. Kebanyakan dari mereka tidak sepenuhnya mengerti bahwa arti dari Minal ‘Aaidiin Wal Faaiziin adalah orang yang kembali suci dan mendapat kemenangan, bukannya mohon maaf lahir bathin.

Seharusnya , saat memberikan ucapan selamat pada sesama, kalimat inilah yang lebih baik dan utama untuk disampaikan. Taqabbalallahu minna wa minkum. Mengapa ? Karena kalimat tersebut adalah sebuah doa dengan arti “ semoga ALLAH menerima amal kami dan amal kalian “. Dianjurkan sebuah do’a karena kita baru saja berjuang hebat sebulan penuh lamanya dalam Ramadhan, yang mana seluruh amal ibadah dilipatgandakan pahalanya, doa doa terbaik dikabulkan, dan dosa dosa terampuni. Untuk itulah doa itu diucapkan agar seluruh amal ibadah kita selama bulan Ramadhan diterima oleh ALLAH Swt.
Lalu, bagaimana menjawab doa itu jika ada yang mengucapkannya kepada kita? Berikut ini tiga hadits yang menunjukkan jawabannya:

1. Dari Adham, maula Umar bin Abdul Aziz; beliau mengatakan, “Ketika hari raya, kami menyampaikan ucapan kepada Umar bin Abdul Aziz, ‘Taqabbalallahu minna wa minkum, wahai Amirul Mukminin.’ Maka beliau pun menjawab dengan ucapan yang sama dan beliau tidak mengingkarinya.” (HR. Al-Baihaqi)


2. Dari Habib bin Umar Al-Anshari; bapaknya bercerita kepadanya bahwa beliau bertemu dengan –shahabat– Watsilah radhiallahu ‘anhu ketika hari raya, maka aku ucapkan kepadanya, “Taqabbalallahu minna wa minkum,” kemudian beliau (Watsilah) menjawab, “Taqabbalallahu minna wa minkum.” (HR. Ad-Daruquthni dalam Mu’jam Al-Kabir)


3. Dari Syu’bah bin Al-Hajjaj; beliau mengatakan, “Saya bertemu dengan Yunus bin Ubaid, dan saya sampaikan, ‘Taqabbalallahu minna wa minka.’ Kemudian beliau jawab dengan ucapan yang sama.” (HR. Ad-Daruquthni dalam Ad-Du’a)


Jadi, menurut tiga riwayat di atas, jawaban “taqabbalallaahu minna wa minkum” adalah doa yang sama: “taqabbalallaahu minna wa minkum”. Sebagaimana pesan dalam QS. An Nisa ayat 86: “Jika kalian diberi salam dalam bentuk apa pun maka balaslah dengan salam yang lebih baik atau jawablah dengan yang semisal.” 
 
Wallahu a’lam bish shawab ^^

0 komentar:

Posting Komentar