Pages

Minggu, 21 Juli 2013

Apakabar Ramadhan-mu ?

gambar di sini
Bismillahirrahmanirrahim ..

Alhamdulillah , hari ini kita memasuki Ramadhan ke-13 , apakabar Ramadhan-mu ? semakin berkah kah ? tadarusnya sudah dapat berapa juz ? Bagi yang masih merasa kurang maksimal, yuk ditingkatkan lagi ibadahnya, emaan lho. Emaan sekali. Sungguh. Masih harus nunggu 11 bulan lagi untuk ketemu sama bulan penuh curahan berkah ini , itupun jika kita masih memiliki kesempatan. Bagaimana jika ini Ramadhan terakhirmu  ? Baiklah, masih ada setengah bulan kedepan , jangan sia siakan bener yaa !

Mungkin ini bisa jadi sedikit pencerahan , untuk benar benar mampu memaksimalkan ibadah kita dalam setengah bulan kedepan. 
Beberapa amalan amalan sunnah yang dilakukan Rasulullah SAW selama bulan Ramadhan :
  • Tadarus
Ramadhan adalah bulan diturunkannya al-Qur’an (QS.2:185) sebagai pedoman manusia di muka bumi. Dan malaikat jibril turun untuk mendengar dan mengecek bacaan bacaan Al-Qur’an dari Rasulullah  SAW. Imam Az-Zuhri pernah brekata : “ Apabila datang Ramadhan maka kegiatan utama kita selain puasa adalah tadarus “ . Baiknya Al-Qur’an jangan hanya dibaca , tapi perhatikan tajwid dan amalkan jadi pahala plus bagi kita. Pada bulan ini umat Islam harus benar benar berinteraksi dengan Al-Qur’an untuk meraih keberkahan menuju umat terbaik dengan petunjuk Al-Qur’an 
  • Shalat Tarawih
Adalah Ibadah yang sangat ditekankan Rasulullah SAW pada saat malam Ramadhan.
“ Barangsiapa yang melakukan qiyam Ramadhan ( tarawih ) dengan penuh iman dan perhitungan maka diampuni dosanya yang telah lalu
  • Memperbanyak Dzikir , Doa , dan Istighfar
Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah dan pahala serta ampunan, maka jangan biarkan waktu sia2 tanpa aktifitas yang berarti, baiknya diisi dengan dzikir, doa, dan istighfar. Dzikir adalah ibadah yang ringan dilakukan tapi berat timbangannya di akhirat, apalagi di bulan Ramadhan. Perbanyak istighfar karena bulan ini bulan penuh pengampunan. Dosa dipanaskan dan dihancur leburkan oleh Allah. Doa orang berpuasa sangat mustajab apalagi saat berbuka, maka perbanyaklah doa untuk diri kita sendiri maupun saudara muslim lainnya.
  • Sedekah, Infaq dan Zakat
Rasulullah SAW adalah orang yang paling pemurah & di bulan Ramadhan beliau lebih pemurah lagi. "Sebaik2 sedekah yaitu di bulan Ramadhan" (HR. Tirmidzi - Al Baihaqi) . Kebaikan Rasulullah SAW di bulan Ramadhan melebihi hembusan angin karena begitu cepat & banyaknya. Dan salah satu bentuk sedekah yang dianjurkan adalah memberikan ifthor (buka puasa) padaa saudara muslim yang berpuasa."Barangsiapa yang memberi ifthor kepada orang orang yang berpuasa, maka ia mendapat pahala senilai orang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahala org yg berpuasa itu" (HR. Ahmad, Tirmidzi, dan Ibnu Majah) .
  •  Menuntut Ilmu dan Menyampaikannya
Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling baik menuntut ilmu islam & mendalaminya. Karena di bulan Ramadhan hati dan fikiran dalam kondisi bersih & jernih sehingga ilmu Allah SWT mudah masuk. Maka waktu seperti ba'da Subuh, Dhuhur, dan menjelang berbuka sangat baik sekali menuntut ilmu. Pada saat yang sama para ustadz & dai juga giat giatnya menyampaikan ilmu Allah kepada saudara muslim lainnya.
  • Umrah
Umrah pada bulan Ramadhan baik dilaksanakan karena pahalanya berlipat2. "Agar apabila datang bulan Ramadhan, hendaklah ia melakukan umrah karena nilainya setara dengan haji bersama Rasulullah SAW.
  • I’tikaf
I’tikaf adalah puncak ibadah pada saat bulan Ramadhan. I’tikaf ialah kegiatan tetap tinggal di masjid taqqorrub kepada Allah dan menjauhkan diri dari aktifitas keduniaan.
  • Mencari Malam Lailatul Qadr
Malam ini adalah malam istimewa 1000 bulan yang hanya ada dibulan Ramadhan. Ketika kita beramal di malam ini maka nilainya lebih baik dari seribu bulan biasa. Subhanallah. Malam mulia ini dirahasiakan oleh Allah, karenanya Rasulullah menganjurkan kita untuk mencarinya. "Carilah disepuluh terakhir bulan Ramadhan dan carilah pada hari kesembilan, ke-7, dan ke-5 , Saya berkata, 'wahai Abu Said engkau lebih tahu tentang bilangan'. Abu Said berkata,'betul', ‘ Apa yang dimaksud dengan ahir kesembilan, ketujuh, dan kelima?’ Abu Said berkata, ‘jika sudah lewat 21 hari, maka yang kurang 9 hari, jika sudah 23 yang kurang 7, jika sudah 25 hari yang kurang 5." (HR. Ahmad). Dari hadits diatas dapat diketahui bahwa peluang adanya malam Lailatul Qadr yaitu 21, 23, 25 tapi ada yang menambahkan 27,29 . Intinya banyakin ibadah di malam malam ganjil setelah Ramadhan tinggal separuh.
  • Menjaga Keseimbangan dalam Ibadah
Keseimbangan dalam beribadah adalah suatu prinsip. Kewajiban keluarga harus ditunaikan begitu juga kegiatan sosial lainnya. Rasulullah SAW senantiasa menjaga keseimbangan, walaupun khusyuk dalam beribadah di bulan Ramadhan. Beliau tidak mengabaikan harmoni dan hak hak keluarganya. Seperti yang diriwayatkan oleh istri istri beliau, Aisyah dan Ummu Salamah RA. Rasulullah SAW adalah tokoh yang paling baik untuk keluarga. Dimana saat Ramadhan tetap memenuhi hak hak keluarga beliau. Bahkan Rasulullah dalam puncak ibadah Ramadhan, itikaf , harmoni itu tetap terjaga.

Semoga bermanfaat dan Selamat beribadah ^^

1 komentar:

Keke Naima mengatakan...

semoga ibadah kita semua selama bulan Ramahan lancar, ya :)

Posting Komentar